SunSep17

FESTIVAL PULAU HIRI AyoKeHiri


Sumberita.com, Kota Ternate - Dengan Visi dan Misi Bahari Berkesan mewujudkan Kota Ternate sebagai Kota Terdepan dalam mempertahankan adat istiadat dan Budaya (lokal wisdom), atau dalam filosofi orang Ternate di kenal dengan "Adat se Atorang", untuk mendorong Ekowisata dan kepariwisataan bahari, melalui program pemerintah daerah Kota Ternate melaksanakan Festival Pulau Hiri  dengan tema "Merayakan Etos Bahari dan Tradisi Pulau Hiri" dengan hastag #AyoKeHiri, yang pelaksanaan mulai dari pembukaan Sabtu, tanggal, 16 - 23, September 2017, bertempat di pulau Hiri Kota Ternate.

Pembukaan Festival Pulau Hiri, secara resmi dibuka Oleh Walikota Ternate, H. Burhan Abdurrahman bersama jajaran pemerintah daerah dan  Kepala Dinas Kota Ternate bersama masyarakat dan tamu undangan yang turut mensukseskan kegiatan festival yang di adakan Pulau Hiri.

Gagasan penyenggaran event Festival Pulau Hiri, telah direncanakan dari tahun 2014 yang lalu, namun dengan berbagai kendala yang dihadapi sehingga event ini beberapa kali belum bisa dilaksankan, namun dengan konsistensi dan perhatian kami terhadap perkembangan Kie se Gam (Pulau Hiri) menjadi pemicu semangat kami untuk terus berupaya untuk merealisasikan event Festival tersebut, menurut Ketua Panitia Pelaksana Abdul Kadir Rakib.

Pada awal proses perjalanan Pembukaan Festival Pulau Hiri dimulai dengan pemukulan Tifa atau Beduk pada acara Momoro Kie se Gam yang dilaksanakan di Gedung Dhuafa Center dengan maksud untuk memupuk tali silaturahmi dan menyatukan  visi bersama membangun Hiri, ujarnya.

Perjuangan Masyarakat Hiri dalam mempertahankan Marwah Kota Ternate tidak perlu dipertanyakan lagi, jauh sebelum kami para pendahulu telah menunjukkan eksistensi mereka dalam mempertahankan keutuhan kesultanan Ternate dan keutuhan NKRI.

Festival Pulau Hiri dimaksudkan agar mendorong  pengembangan kawasan pariwisata bahari, pengembangan sumber alam, dan sumber daya manusianya.

Event ini juga diharapkan agar mampu membuka peluang usaha baru bagi masyarakat dan menjadi event tahunan untuk menciptakan branding Hiri sebagai, The Small Ternate.

Untuk event perdana ini kami tampilkan beberapa icon pulau Hiri khususnya, terutama terkait dengan Atraksi Hau lianga  (mancing mengunakan layang-layang), parade Oti Side (perahu layar), Maku Rene Oti (lomba dayung), Hau Tike Juara (lomba mancing), Lombah Selfie dan masih banyak lagi atraksi hiburan kesenian tradisional pungkasnya. Ketua Panitia Abdul Kadir Rakib.

Terselenggaranya event Festival Pulau Hiri melalui sumber dari pemerintah Kota Ternate, penjualan Bazaar dan kerjasama melalui beberapa donatur pihak ketiga lainnya dan swadaya masyarakat, ucapnya. (Ilon).

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

  

 

 

 

 

 


Go to top