FriJan01

Adhyaksa Dault: Ciri Utama Pramuka Adalah Ikhlas Berjuang

Sumberita.com - Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault mengingatkan kembali prinsip ikhlas dalam berjuang, "kelapa itu ikhlas dijadikan apapun oleh manusia, Pramuka juga demikian, wajib ikhlas melakukan apapun demi kemanusiaan dan kepentingan bangsa Indonesia".

Penekanan itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam Pembukaan Perkemahan Wirakarya Nasional VIII 2015 di Bumi Perkemahan Gunung Jae, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, pada Senin siang (23/11/15).

Menurut Adhyaksa Dault, Pramuka menyiapkan segala tahapan menuju pemimpin, namun ciri utama pemimpin hasil kaderisasi Gerakan Pramuka adalah ikhlas, "Jika pamrih, maka ia tidak paham esensi dari trisatya dan dasa dharma", tegas Adhyaksa Dault.

Sementara itu, Zaenul Majdi (Gubernur NTB, KaMabida Gerakan Pramuka NTB) mengatakan "saya bangga menjadi anggota Gerakan Pramuka", Ujar Zainul. Di NTB menurut Zainul, kami memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi perkembangan Gerakan Pramuka. "Semoga Pemerintah dimanapun berada, juga memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi perkembangan Gerakan Pramuka", lanjut Zainul.

Perkemahan Wirakarya Nasional ini berlangsung dari 23-30 November 2015, diikuti 2500 Pramuka Penegak dan Pandega berusia 16-25 tahun yang datang dari 34 Kwarda dari seluruh Indonesia. Dalam kegiatan ini, peserta akan di terjunkan di lima sub-camp, yaitu di Desa Karang Sidemen, Lombok Tengah, Desa Wajegeseng, Lombok Tengah, Desa Kota Raja, Lombok Timur, Desa Sedau, Lombok Barat, dan Gili Trawangan, Lombok Utara. Peserta akan tinggal bersama keluarga masyarakat di tempat kegiatan dan melaksanakan giat bakti fisik dan non-fisik.

"Perkemahan ini tidak hanya menjalin persahabatan antar peserta, tetapi juga persahabatan dengan warga, karena kegiatan bakti masyarakat lebih banyak kita lakukan", jelas Kak Editha Rahaded, Waka Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Bina Muda.

(Sb/zes)

Rate this item
(0 votes)
Login to post comments

Media


Go to top